Guru adalah orang yang membimbing, membina,
dan mengajari suatu ilmu atau wawasan baru kepada siswa. Dalam proses belajar
mengajar guru harus pandai mengelola kelas agar siswa merasa nyaman dan
semangat dalam belajar. Guru tidak hanya sekedar mengajar dan memberi tugas, tetapi
perlu membuat rancangan pembelajaran. Fungsi rancangan pembelajaran dibuat agar
proses belajar mengajar bisa terlaksana dengan baik dan efisien. Guru juga harus
kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran agar siswa mudah dan lebih cepat
dalam memahaminya.
Proses pembelajaran dilakukan sesuai dengan
rancangan pembelajaran. Dan guru diharapkan mampu melaksanakan sistem tersebut
dengan baik dan memberikan hasil yang memuaskan, kemudian sistem tersebut
haruslah ada perubahan setiap harinya, agar siswa tidak merasa bosan dengan sistem
yang diterapkan oleh seorang guru, kemudian hasil dari penerapan sistem
tersebut dipetakan dan menjadi bahan evaluasi seorang guru apa saja yang masih
kurang dan apa saja yang perlu dikembangkan.
Guru merupakan suatu profesi, yang berarti suatu jabatan yang
memerlukan keahlian khusus sebagai guru dan tidak dapat dilakukan oleh
sembarang orang. Walaupun pada kenyataanya masih terdapat hal-hal tersebut. Menjadi
guru perlu mengetahui dan dapat menerapkan beberapa prinsip mengajar agar ia
dapat menerapkan beberapa prinsip mengajar dan agar ia dapat melaksanakan
tugasnya secara professional, yaitu sebagai berikut (Dr. H. Hamzah : 16) : Guru
harus dapat membangkitkan perhatian peserta didik pada materi pelajaran yang
diberikan serta dapat mengggunakan berbagai media dan sumber belajar yang
bervariasi. Guru harus dapat membangkitkan minat peserta didik untuk aktif
dalam berfikir serta mencari dan menemukan sendiri pengetahuan. Guru harus
dapat membuat urutan (sequence) dalam pemberian pelajaran dan penyesuaian dengan usia dan tahapan tugas
perkembangan peserta didik. Guru perlu menghubungkan pelajaran yang akan
diberikan dengan pengetahuan yang telah dimiliki peserta didik (kegiatan apersepsi),
agar peserta didik menjadi lebih mudah dalam memahami pelajaran yang
diterimanya. Sesuai dengan prinsip repetisi dalam proses pembelajaran,
diharapkan guru dapat menjelaskan unit pelajaran secara berulang-ulang hingga
tanggapan peserta didik menjadi jelas. Guru
wajib memerhatikan dan memikirkan korelasi antara mata pelajaran dan/atau praktik nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Guru harus mempunyai kepribadian yang baik.
Karena guru akan dicontoh dan ditiru oleh siswanya. Salah satu kepribadian yang
harus dimiliki adalah amanah. Karena guru memiliki amanah sebagai pengajar,
maka guru itu wajib mengajarkan siswa untuk menjadikannya lebih baik lagi.
Menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi segala larangannya, serta
perilaku dan ucapannya seperti rosul itu harus dilakukan oleh guru. Karena itu
merupakan bukti bahwa guru itu taat dalam beribadah. Dalam memberikan pelajaran
dikelas guru harus percaya diri dan tidak gerogi. Karena itu dapat mempengaruhi
kualitas guru itu dalam pengajarannya. Dan perilaku-perilaku baik yang
dilakukan oleh seorang guru itu akan menjadi teladan dan patut dicontoh oleh siswanya.
Guru minimal harus memiliki kompetensi dasar
sebagai bentuk kemampuan di dalam menjalankan tugas-tugasnya. Guru harus
menguasai materi yang akan diajarkannya karena itu dapat mempercepat proses
pembelajaran, serta menjadikan
proses pembelajaran lebih efektif lagi. Kompetensi guru adalah suatu keahlian yang
wajib dipunyai oleh guru, baik kemampuan pengetahuan, kemampuan keterampilan
dan tanggung jawab pada siswa yang di didiknya, sehingga dalam menjalankan
tugasnya dapat berjalan dengan baik.
Seorang guru juga harus pandai beradaptasi
dengan lingkungan karena guru tidak hanya terfokus dalam pelajaran di kelas. Guru juga perlu suatu kelompok organisasi/komunitas baik persatuan guru
atau perkumpulan masyarakat, agar ilmu yang ia miliki dapat diterapkan juga
dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat. Sikap diskriminatif yaitu sikap
ketidak adilan harus dihilangkan dari sikap guru terhadap siswa, karena jika
guru memiliki sikap diskriminatif maka akan mendorong timbulnya rasa
kecemberuan akibat sikap guru yang tidak adil tersebut, bahkan akan merusak
kerukunan antar siswa. Guru harus pandai berkomunikasi dengan baik, agar pada
saat mengajar dapat menyampaikan materi dengan baik dan lebih cepat diserap
oleh siswa. Dan kemampuan guru tersebut harus dikembangkan setiap waktu agar
dapat tercipta suatu proses pembelajaran yang baik, dan tentunya hasil dari
proses pembelajaran tersebut memuaskan dan dapat merubah pendidikan di
Indonesia menjadi lebih baik lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar